NEWS

NEWS & ARTICLES

Fatman: Sepeda ‘Caper’ di Jalur B2W

11 Februari 2016

pedalku.com – “Enggak berat Bang?” tanya seorang tukang ojek ketika Fatman terhenti di perempatan karena lampu merah menyala.

“Enggak kok. Biasa saja.”

Lain kali Fatman ditanya, “Itu ban angin atau ban mati?”

“Angin dong. Kalau ban mati bisa berat banget.”

Masih banyak pertanyaan yang menyiratkan kekaguman pada sosok Fatman. Bahkan ada yang bilang kurang kerjaan menggunakan ban motor!

Ibarat ke pesta salah kostum, begitu juga dengan bersepeda ke kantor menggunakan Fatman. Namun tak perlu malu. Soalnya mereka akan memandang si Fatman dengan takjub. Yakinlah, bukan Anda yang dilihat tapi si Fatman. Anda baru dilihat ketika mereka bertanya soal sepeda itu!

Sosok Fatman, sepeda dengan ban superlebar (4 inchi) memang pasti mengundang perhatian orang. Ban besar menjadi ciri khas sepeda ini. Berbeda dengan sepeda pada umumnya, Fatman memberikan sensasi bersepeda. Seperti mengendarai motor trail tapi digenjot.

Meski berbekal single crank dan 7 speed, namun Fatman enak saja dibawa mengarungi jalanan Jakarta. Jalan layang atau terowongan pun enteng diterobos. Hanya handlebar saja yang perlu penyesuaian karena lebih lebar dari yang biasa saya pakai. Jadi untuk selap selip di antara kendaraan kudu waspada jangan sampai nyamber spion kendaraan.

Salah satu keuntungan ban lebar, bisa naik ke trotoar yang tak terlalu tinggi dibandingkan jalan raya tanpa takut terpeleset. Fork rigid juga membantu menjaga kestabilan saat berkelak-kelok. Sayang, waktu turun dari trotoar atau menghantam lubang akan terdengar bunyi keras dari rantai dan RD yang terentak.

Satu hal yang merepotkan, ban besar ini “diikat” dengan sekrup yang butuh kunci 15 untuk membukanya. Tidak dengan quick release seperti sepeda kebanyakan. Bisa jadi karena menggendong ban ultralebar jadi perlu pemegang yang kuat.

Nah, ingin mencari perhatian orang kala gowes ke kantor? Pakai saja Fatman keluaran Wim Cycle ini.

Spesifikasi:

  • Frame: alloy
  • Fork: rigid berbahan steel
  • Rem: discbrake (depan – belakang)
  • Sistem pengoperan gigi: freewheel dari Shimano dengan 7 speed yang di padu dengan crankset berbahan alloy serta dilindungi dengan double chaingurad
  • Rims: 26 x 4″, bahan alloy
  • Warna frame: hitam, merah, kuning, hijau